Minggu, 09 April 2017

Cara Suntik Lovenox (pengencer darah) & Vitamin Kehamilan



Vitamin dan obat-obatan yang saya konsumsi selama kehamilan yaitu:
a.   Vitamin:
-     Calsiro 1x1 (Pagi)
-     Prohelic 1x1 (Pagi)
-     Folic acid 5mg 1x1 (Pagi)
-     Maltofer Fol 1x1 (malam)

b.  Obat-Obatan:
-     Ascardia/Aspilet 1x1 (Pagi)
-     Injeksi lovenox 0.6 ml (Setiap malam hingga menjelang lahiran)



Nah saya akan sedikit bahas mengenai cara suntik injeksi lovenox yang mana saat awal kehamilan saya salah posisi suntik karena edukasi juga yang salah dari perawat di RS “X” yang menyebabkan perut saya juga lebam lebam. Begitu dokter hematologi dan perawatnya cek perut saya saat kontrol bulan pertama kehamilan, mereka katakan area penyuntikan saya salah yang mana sebelumnya saya diajarkan oleh perawat RS “X” yaitu area penyuntikan 2 jari dbawah perut saja.


Berikut area penyuntikan yang benar sesuai edukasi hematologi.

Cara menyuntikkan lovenox:
-     Cuci tangan
-     Ukur 2 jari kanan kiri atas bawah puser, area dalam kotakan seperti digambar tidak boleh dsuntikan, juga area persis diatas dan dibawah puser tidak boleh meskipun sudah lewat 2 jari. Area suntikan yg diperbolehkan di bagian kanan dan kiri bagian perut diluar area kotakan bebas pilih.
-     Cubit dahulu lemak/otot perut area yang akan di suntik,
-     Bersihkan area dengan kapas alkohol,
-     Suntikkan dengan posisi 90° dengan jarum masuk penuh dan tidak goyang.

Keesokan harinya lagi jangan menyuntikkan di posisi yang sama hingga bekas jarum hilang, cari daerah yang belum terkena jarum agar tidak mengeluarkan darah dan biru. Sejak saya mendapat edukasi itu perut tidak lebam lagi meskipun saat ini saya agak susah mencari lemak perut untuk disuntikkan karena kandungan smakin besar dan bayi aktif bergerak jadi lemak yang telah di cubit sering kali lepas hehehe.


itu adalah sebagian dari bekas jarum suntik yang saya simpan, sebagian telah terbuang saat di awal kehamilan karena saat itu tidak terfikirkan untuk disimpan sebagai kenang-kenangan saat si bayi tumbuh dewasa.

Meski nyeri, tetapi saya tetap berjuang demi bayi didalam kandungan yang semakin hari semakin aktif dan membuat senyum setiap hari. Hati mommy jatuh cinta padamu nak sejak kamu ada di dalam kandungan mommy. Tak terasa hari berjalan cepat dan sudah mau menimangmu 1 bulan lagi (mei 2017), semoga selalu sehat ya sayangku, itu doa dan harapan mommy daddy sebagai orang tua.

5 komentar: